JavaScript adalah bahasa pemograman yang digunakan untuk membuat interaksi atau menambah fitur web dinamis kedalam sebuah web. Untuk membuat halaman web, anda tidak harus menggunakan JavaScript. Namun, saat ini JavaScript hadir dalam hampir setiap halaman web modern. Sehingga JavaScript adalah salah satu bahasa pemograman web yang wajib di kuasai.
Javascript merupakan bagian dari 3 teknologi penting yang harus dikuasai programmer web, yakniHTML untuk konten (isi dari website), CSS untuk tampilan (presentation), dan JavaScript untuk interaksi (behavior).
Hampir seluruh website modern saat ini menggunakan JavaScript untuk membuat berbagai aplikasi yang dapat berinteraksi dengan user, seperti validasi form HTML, games, kalkulator, fitur chatting, dll.
Contoh sederhana penggunaan JavaScript dapat anda lihat pada situs duniailkom ini. Cobalah scrollhalaman web sampai bawah, dan pada pojok kanan bawah browser akan muncul tanda panah yang jika di-klik akan membuat jendela web browser kembali ke posisi awal halaman. Ini adalah fitur sederhana yang dapat di buat menggunakan JavaScript.
Dalam mempelajari JavaScript, anda sebaiknya telah menguasai dasar-dasar HTML, dan bisa membuat halaman web sederhana menggunakan HTML. Pengetahuan tentang CSS dan PHP juga akan membantu, walaupun tidak diharuskan.

Sumber : http://www.duniailkom.com/

0 komentar:

Post a Comment

Visitor yang baik adalah visitor yang meninggalkan komentar.
Dilarang berkomentar yang mengandung :
1. Spamming
2. Tidak Sopan
3. Memancing keributan
4. Porno / link yang mengarah ke suatu website yang tidak pantas dilihat

Silahkan bagi anda yang ingin menambahkan link ke blog ini namun tidak secara berlebihan.

 
Allmywebstfn © 2014 - . All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top