Javascript adalah bahasa script yang digunakan untuk mengontrol tindakan yang ada pada halaman website kita. sebagai contoh, ketika pengguna menunjukkan mousenya ke suatu gambar maka gambar itu akan diperbesar sehingga gambar tersebut terlihat lebih jelas. hal itu dapat diatur dalam javascript.

 Untuk menguasai jQuery anda diharuskan menguasai terlebih dahulu javascript. karena semua yang ada di jQuery merupakan bagian dari script javascript. Hal-hal dasar yang perlu di pelajari di javascript adalah menuliskan pernyataan,variabel,konstanta,ekspresi,if,for,while dan array.


  1. Pernyataan, Variable, Konstanta
    Perintah yang digunakan browser untuk mengatur browser agar melakukan suatu tindakan biasa disebut pernyataan. Contoh penyataan :

    jumlah = 5;

    Pernyataan diatas mempunyai arti bahwa variabel jumlah memiliki konstanta 5 dan titik koma digunakan untuk menandakan bahwa berakhirnya variable jumlah. jika tanpa titik koma dan dibawahnya ada code yang lain maka code javascript yang dihasilkan browser akan menjadi error. oleh sebab itu dibiasakan menggunakan tanda titik koma untuk pengakhiran variable dan lain sebagainya.
    lalu apa bedanya variable dengan konstanta?
    variable menyatakan wadah dalam memori komputer yang digunakan untuk menyimpan nilai dan nilai yang ada di dalamnya ketika aplikasi web dijalankan. Sebagai contoh, awalnya suatu variable jumlah berisi  nilai 5. nilai tersebut dapat diubah menjadi angka lainnya. anda dapat mengubah nilai itu dengan menggunakan javascript ketika javascript di eksekusi. Konstanta adalah suatu nilai yang hanya bisa dilakukan dengan menyunting melalui editor text.
  2. Ekspresi
    Ekspresi adalah bentuk komputasi atau pertimbangan yang melbatkan operator dan operand. Operator adalah menyatakan tindakan yang dilakukan  dan Operand adalah objek yang dikenai tindakan. Seperti contoh ini, x+4 adalah contoh ekspresi. Dalam hal ini, x dan 2 adalah operand dan + adalah operator.
  3. IF
    If biasa digunakan untuk pengondisian suatu pilihan. adapun bentuknya adalah seperti ini :

    if (kondisi){
     //blok pernyataan yang dijalankan
    // kalau kondisi bernilai benar maka code yang ada disini akan dijalankan
    }
  4. While
    While digunakan untuk perulangan. bentunya seperti ini:

    while(kondisi){
    //pernyataan yang akan di jalankan berulang ulang
    }
  5. For
    fungsi for hampir sama dengan while yang membedakannya adalah jika while melakukan perulangan hingga kondisi habis sedangkan penggunaan for dibatasi adapun bentuknya seperti ini :

    for(inisialisi;kondisi;penaikan/penurunan){
    //pernyataan
    }

    bagian inisialisi digunakan untuk memberkan nilai kepada variabel. yang digunakan untuk mengontrol perulangan for. Dibagian kondisi digunakan untuk mengontrol perulangan dilanjutkan ataupun diakhiri. Dan bagian penaikan/penurunan digunakan untuk menaikkan atau menurunkan nilai variable pengontrol perulangan
  6. Array
    array digunakan untuk menyimpan string dalam 1 variable sehingga dapat membuat 1 variable dengan berbagaimacam string. Adapun pengertian array adalah wadah yang dapat menyimpan jumlah nilai skalar.setiap nilai di array berupa bilangan bulat yang dimulai dari 0. bentuk dari array adalah seperti berikut :

    var siswa = new array(90,80,12,32);

    dari bentuk diatas dapat dijelaskan bahwa jika string siswa seperti ini siswa[1] maka akan memunculkan string 80.

    mungkin hanya ini yang dapat saya sampaikan kurang lebihnya saya mohon maaf.

0 komentar:

Post a Comment

Visitor yang baik adalah visitor yang meninggalkan komentar.
Dilarang berkomentar yang mengandung :
1. Spamming
2. Tidak Sopan
3. Memancing keributan
4. Porno / link yang mengarah ke suatu website yang tidak pantas dilihat

Silahkan bagi anda yang ingin menambahkan link ke blog ini namun tidak secara berlebihan.

 
Allmywebstfn © 2014 - . All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top