Pada kali ini saya akan membahas tentang python. Python adalah bahasa pemograman yang termasuk desktop programming dan web programming. Dikatakan seperti itu karena python dapat dijalankan sebagai aplikasi web dan juga aplikasi desktop. Pada kali ini saya akan membahas cara membuat hello world pada python. Sebelum lanjut anda harus menginstall python terlebih dahulu pada website resminya di https://www.python.org/. Setelah anda menginstallnya buatlah sebuah file dengan ekstensi (*)py. ekstensi (*)py adalah eksetensi yang memberitahukan bahwa file itu adalah file python. Setelah itu buatlah sebuah file dengan nama Hello World.py lalu edit menggunakan Notepad ataupun menggunakan Notepad++. Saya sarankan menggunakan Notepad++ karena Notepad++ mendukung syntax highlighter yang sangat berguna untuk memudahkan melihat bagian yang terdapat error pada script yang kita buat. Kita akan menggunakan fungsi print. Print digunakan untuk menampilkan suatu string ke layar. Jadi Print digunakan untuk UserInterfacenya yang terlihat oleh kita.
Baiklah copy code dibawah ini ke file yang baru saja dibuat tadi.

print "Hello World"


Nantinya akan terlihat tulisan hello world seperti pada gambar dibawah ini.



Untuk mencegah aplikasi langsung tertutup sebaiknya anda menggunakan cmd untuk menjalankannya. Untuk cara membuka cmd silahkan lihat artikel saya sebelumnya Cara Membuka Comand Prompt.

Pada python kita tidak perlu menambahkan titik koma diakhir barisnya karena python menggunakan baris baru sebagai pemisah perintah satu dengan lainnya tidak seperti programming lainnya. Lalu jika diatas adalah menampilkan string bagaimana cara menampilkan angka?. Untuk menampilkan angka kita tinggal menulis angka yang ingin di tampilkan tanpa menggunakan tanda kutip.
Seperti script berikut ini

print 2312


Hasilnya akan seperti ini.



Mungkin Sekian tentang python kali ini semoga bermanfaat :)

4 komentar:

Visitor yang baik adalah visitor yang meninggalkan komentar.
Dilarang berkomentar yang mengandung :
1. Spamming
2. Tidak Sopan
3. Memancing keributan
4. Porno / link yang mengarah ke suatu website yang tidak pantas dilihat

Silahkan bagi anda yang ingin menambahkan link ke blog ini namun tidak secara berlebihan.

 
Allmywebstfn © 2014 - . All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top