Di antara perkakas yang kita gunakan, perkakas yang menggunkan sistem poroslah yang paling efisien.
Apakah roda poros itu?
   Roda poros merupakan peralatan dengan roda besar dan roda kecil berada pada titik poros yang sama dan dihubungkan sehingga sama-sama berputar. Sepintas, roda porosmirip dengan katrol, namun keduanya adalah peralatan yang berbeda. Pada roda poros, benda diangkat oleh tali yang tergantung pada roda kecil, sedangkan tali yang kita tarik dihubungkan dengan roda besar. Oleh karena itu, sistem poros dan sistem tuas sama-sama efisien.
   Bila kita memperhatikan roda poros dengan teliti, sistem poros bisa menarik satu jenis sistem tuas.Pada roda kecil di roda poros, tempat beban tergantung pada tali, yang disebut titik beban. Pusat perputaran roda poros disebut titik tumpu. Tempat tali yang kita tarik di roda besar adalah titik kuasa. Jarak dari titik kuasa ke titik tumpu lebih jauh dari pada jarak dari titik beban ke titik tumpu sehingga energi yang kecil bisa menghasilkan energi yang besar.
   Semakin besar selisih ukuran roda, semakin sedikit energi yang dibutuhkan dan semakin besar energi yang dihasilkan. Bila kita menarik tali roda poros, beban bisa terangkat seperti pada tuas. Kita bahkan bisa melakukan permainan yang hebat dan mengasyikan dengan menggunakan prinsip roda poros ini.

Mungkin hanya itu dari saya semoga bermanfaat
Sumber :  Buku Pintar Sains PT Bhuana Ilmu Populer.

0 komentar:

Post a Comment

Visitor yang baik adalah visitor yang meninggalkan komentar.
Dilarang berkomentar yang mengandung :
1. Spamming
2. Tidak Sopan
3. Memancing keributan
4. Porno / link yang mengarah ke suatu website yang tidak pantas dilihat

Silahkan bagi anda yang ingin menambahkan link ke blog ini namun tidak secara berlebihan.

 
Allmywebstfn © 2014 - . All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top